"Pusat Infomasi NAGARI SANDI ULAKAN | Melayani Masyarakat dengan IKHLAS dan BADUNSANAK | Mari Berkontribusi Dalam Memberikan Informasi Yang Membangun Nagari Untuk Lebih Baik" MELAYANI MASYARAKAT DENGAN SEPENUH HATI DENGAN MOTTO 5 S (SALAM, SENYUM, SAPA, SOPAN DAN SANTUN) DENGAN MOTTO NAGARI "FLEKSIBEL, LEGAL, AKUNTABEL, SIMPLE DAN HUMANIS" SANDI ULAKAN AKAN MAJU DAN SEJAHTERA MASYARAKAT DAN NAGARINYA. | Wali Nagari : ZULBAIDI | Sekretaris Nagari : IBNU HAZAR, S.T | Kaur Keuangan : YATI FITRIANI, S.E | Kaur Umum dan Perencanaan : NICO PERNANDES, S.Pd | Kasi Pemerintahan : NELI DARTI, S.Pd | Kasi Kesejahteraan : ERMIZA, S.E | Kasi Pelayanan : ELNI YULIANI, S.Pd | Wakor Binuang Ateh : SADRI, S.T | Wakor Binuang Bawah : SAIRAFI MIRZA | Wakor Olo Padang Tanjuang Medan : ANDRI FAHRIZA ZEN, S.Pd | Wakor Simpang Indah Tanjuang Medan : RIYO SUPARDI | Wakor Kampuang Jambak Tanjuang Medan : MUHAMMAD YUNIS | Wakor Taluak Nibuang Tanjuang Medan : MUZAMIL SIDDIQI | Wakor Koto Panjang Barat : MASRI | Wakor Koto Panjang Tengah : ISMAEL | Wakor Koto Panjang Timur : ILHAM | Staf : NELI ELFITA , S.E dan RIKA APRIANI, S.E |

Artikel

Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima, ini Kriteria Yang Dipenuhi Disdukcapil Padang Pariaman

10 November 2019 20:18:12  Pemerintahan Nagari  1.230 Kali Dibaca  Berita Nagari

Batam, 7 November 2019

1b ok.jpeg

Berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Permenpan RB Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melakukan evaluasi kinerja pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah lingkup Wilayah I. Unit layanan yang disoroti yaitu dinas penyelenggara layanan kependudukan dan pencatatan sipil, dinas penyelenggara layanan perizinan terpadu satu pintu dan rumah sakit umum daerah.

Evaluasi kinerja pelayanan bertujuan untuk memberikan percontohan bagi unit penyelenggara pelayanan publik lainnya sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat. Evaluasi kinerja dilakukan dengan penilaian terhadap 6 (enam) indikator kinerja pelayanan publik.

Masing-masing aspek indikator kinerja pelayanan publik dengan bobot yakni kebijakan pelayanan publik 30%, profesionalisme sumber daya manusia 18%, sarana dan prasarana 15%, sistem informasi pelayanan publik 15%, mekanisme konsultasi dan pengaduan 15% serta inovasi pelayanan publik 7%.

Keenam aspek tersebut menjadi fokus utama pelaksanaan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik untuk melihat gambaran kondisi penyelenggaraan pelayanan serta mengidentifikasi potensi-potensi perbaikan berkelanjutan yang dapat dilakukan menuju olympus188 pelayanan publik prima dan berkelas dunia, sesuai visi reformasi pelayanan publik.

Evaluasi dilakukan mulai dari tahapan sosialisasi oleh Kemenpan RB kepada Bagian Organisasi dan unit kerja yang akan dinilai yaitu Disdukcapil, DPMTP dan RSUD. Selanjutnya, pengisian data dan dokumen pada Form F01 melalui Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) oleh masing-masing unit kerja dibawah pembinaan dan pengawasan Bagian Organisasi dan RB. Tahap akhir, observasi dan evaluasi kakek merah slot data serta dokumen oleh Tim Evaluator Kemenpan RB (Form F03) sekaligus wawancara dengan masyarakat pengguna layanan (Form F02).

pengahrgaan terbaik kemenpanRB.jpeg

Kategori Hasil Penilaian/Peringkat terbagi atas :

A (4,50 -5,00)=Pelayanan Prima

A-(4,00 -4,50)=Sangat Baik

B (3,50 -4,00)=Baik

B-(3,00 -3,50)=Baik(DC)*

C (2,50 -3,00)=Cukup

C-(2,00 -2,50)=Cukup (DC)*

D(1,50 -2,00)=Buruk

E (1,00- 1,50)=Sangat Buruk

F (0 -1,00)=Gagal

*)DC : dengan catatan

Unit kerja pelayanan yang mampu memberikan pelayanan prima dan berkualitas terwujud dari terintegrasinya 6 aspek indikator kinerja pelayanan yang terdiri dari :

Penghargaan Terbaik kemenpan rb 2.jpeg

  1. Kebijakan pelayanan (meliputi: penetapan standar pelayanan, maklumat layanan, survei kepuasan masyarakat),
  2. Profesionalisme SDM (meliputi: pemetaan kompetensi pegawai, aturan perilaku dan kode etik, budaya pelayanan).
  3. Sarana dan prasarana (meliputi: ketersediaan tempat parkir, ruang tunggu, toilet pengguna layanan, sarana bagi pengguna layanan berkebutuhan khusus, ruang laktasi, arena  bermain anak, front office)
  4. Sistem informasi pelayanan publik (meliputi: ketersedian informasi seluruh komponen layanan baik secara online maupun non online)
  5. Konsultasi dan Pengaduan (meliputi: sarana konsultasi dan pengaduan yang mudah diakses, tidak diskriminatif, terdokumentasi dengan baik dan ditindaklanjuti)
  6. Tersedia inovasi dalam pelayanan (yaitu terobosan jenis pelayanan baik ide orisinil maupun adaptasi yang berdampak bagi masyarakat).

Keterpaduan 6 (enam) aspek tersebut tidak akan terwujud tanpa adanya komitmen kuat dari pimpinan unit kerja pelayanan untuk terus berbenah dan membaik.

Tahun 2018, Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman meraih Kategori Sangat Baik (A-) untuk Disdukcapil dan DPMPTP serta Kategori Baik Dengan Catatan(B-) untuk RSUD. Tahun 2019 ini, Bupati Padang Pariaman dengan bangga menerima penghargaan Kategori Pelayanan Prima (A) pada Organisasi Perangkat Daerah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk pertama kalinya, dan satu-satunya OPD Disdukcapil yang menjadi Role Model Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima di wilayah I. Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo kepada Bupati Padang Pariaman dalam acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB di Hotel Aston Batam, tanggal 7 November 2019.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Sinergi Program

ADMIN DCM
PRODESKEL EPDESKEL SIPD
SDGS EDABU
OPENSID SIAPKAN BPJS Ketenagakerjaan

Aparatur Nagari

Back Next

Statistik Penduduk

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:41
    Kemarin:115
    Total Pengunjung:193.480
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:216.73.216.190
    Browser:Mozilla 5.0

Facebook Nagari

Wilayah Nagari

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jl Syekh Burhanuddin Taluak Nibuang Tanjuang Medan
Nagari : Sandi Ulakan
Kecamatan : Ulakan Tapakih
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25572
Telepon : 085749309830
Email : nagarisandiulakan@gmail.com

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Arsip Artikel

16 Agustus 2021 | 408 Kali
KKN Melayu Serumpun Semarak Muharam Kolaborasi 3 Nagari
11 September 2020 | 328 Kali
Perempuan Kreatif
03 Agustus 2020 | 422 Kali
Goro Bersama Tim Penggerak PKK
30 Juli 2020 | 7.466 Kali
Permohonan Informasi
30 Juli 2020 | 7.439 Kali
Data informasi publik
29 Juli 2020 | 425 Kali
Kegiatan Nagari Sandi Ulakan
24 Juli 2020 | 7.940 Kali
Fasilitas Layanan
12 Januari 2019 | 11.827 Kali
Sejarah Nagari
29 Juli 2013 | 11.751 Kali
Profil Nagari
12 Januari 2019 | 11.711 Kali
Badan Permusyawaratan Nagari
14 Januari 2019 | 11.710 Kali
Pemerintah Nagari
24 Agustus 2016 | 11.700 Kali
Data Nagari
30 April 2014 | 11.665 Kali
PKK
28 Desember 2018 | 11.665 Kali
Profil PPID
29 Juli 2013 | 11.751 Kali
Profil Nagari
12 Februari 2020 | 470 Kali
Fokus Pelayanan di Nagari Sandi Ulakan, Dari Smart Nagari menuju Nagari Pelayanan Prima
30 April 2014 | 11.653 Kali
LPM
20 April 2014 | 273 Kali
Peraturan Nagari
06 April 2019 | 262 Kali
Acara Silaturahmi
31 Maret 2013 | 302 Kali
Awal mula SID
01 Juli 2019 | 489 Kali
Kebenaran dan konsistensi data diri

Polling Kepuasan Masyarakat